Tips Agar Baterai Android Tidak Boros

Android merupakan salah satu System Operasi ponsel yang sangat terkenal dan termasuk yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone. Andorid banyak digunakan karena banyak sebab, umumnya karena canggihnya, animasinya, tamplianya, kemudahan mengoperasianya, dll.
Namun android juga mempunyai sebuah kelemahan, yaitu boros pulsa dan baterai. Karena android selalu terhubung dengan internet, maka pemakaian baterai akan boros. Android pun mengijinkan aplikasi yang berjalan secara backround dan ini juga akan menambah boros penggunaan baterai anda. Karena logikanya, semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka RAM akan semakin penuh dan akan semakin menghabiskan baterai.
*Cara Menghemat Baterai Android.

1. Jangan terlalu banyak aplikasi.
 Memang android menyediakan layanan Play Store yang berisi jutaan aplikasi yang dapat anda download, dari yang berbayar sampai yang gratis sekalipun. Belum lagi juga anda menggunakan Samsung sebagai ponsel pilihan anda, anda akan mendapatkan menu Samsung Apps. Jika anda banyak mendownload aplikasi, selain penuhnya memori, juga akan memenuhkan RAM jika banyak aplikasi yang sedang berjalan atau bisa secara backround.
 
2. Jangan Simpan Aktivitas.
Maksudnya, jika anda membuka aplikasi pada android lalu anda membuka lagi aplikasi yang lain, aplikasi yang pertama akan terus berjalan walau tidak dipakai. Anda harus menghentikan proses aplikasi. Masuk ke Pengaturan-> Pilihan Pengembang (jika ada peringatan, tekan OK),  seret ke menu bawah bagian aplikasi. Lalu pada pilihan “Jangan Simpan Aktivitas” anda beri checklist.
 Lalu pada menu “Batasi Proses Latar Belakang”, inilah yang disebut aplikasi yang berjalan secara backround. Anda batasi sesuai keinginan anda, saya sarankan 2-3 saja. Agar tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara backroud.
3. Matikan Service GPS.

GPS=Global Positioning System berfungsi untuk memberitahu dimana posisi anda secara global. Jika anda tidak terlalu memerlukan ini, dinonaktivkan saja, karena ini akan membantu baterai untuk cepat habis.

4. Atur Pencerahan
Mungkin bagi anda yang mengerti kesehatan, cahaya yang terlalu terang juga dapat merusak mata walaupun tidak secara langsung. Selain dapat merusak mata, layar yang terlalu cerah juga ikut membantu menghabiskan baterai. Kalau yang saya pakai, saya memakai pada titik yang tergelap.
Atur juga pada browser bawaan dari android anda. Silahkan pada menu pilihan masuk ke tab Pencerahan kemudian atur sesuai keinginan anda, saya sarankan agar jangan terlalu terang.


5. Lakukan Penghentian aplikasi secara manual.
Sebenarnya hal ini bisa dilakukan oleh aplikasi yang anda download. Namun kebanyakan aplikasi hanya menghentikan beberapa saja aplikasi yang tidak perlu, di sini kita akan memhentikan secara manual.
-Masuk ke Pengaturan, pada bagian Perangkat anda akan melihat opsi Manajer Aplikasi, kemudian masuk ke tab Berjalan atau Running. Anda silahkan hentikan aplikasi yang tidak perlu. Utamakan aplikasi yang bertitle Google (Google Maps, Google Play, Play Stroe), GPS, dan aplikasi yang menurut anda tidak perlu. Klik gambar atau tulisan aplikasi dan klik Paksakan Berhenti atau Hentikan Aplikasi.
6. Jangan Terlalu Banyak Animasi Dan Widget.
Memang terlihat indah dan komunikatif jika anda menggunakan widget dan animasi bergerak pada wallpaper. Namun kedua hal ini turut membantu menghabiskan baterai.

7.  Atur Pemakaian Suara.
Masuk ke Pengaturan-> Suara.  Matikan nada-nada yang tidak perlu. Seperti Nada Tombol, Suara Sentuhan, Suara Kunci Layar, dll. Kemudian masuk ke opsi Volume atur sekecil mungkin pada semua menu di dalamnya. Namun ini sesuka anda saja.

8. Matikan WiFi.
Jika anda sedang tidak di zona WiFi, maka matikanlah layanan tersebut. Walaupun anda tidak memakainya namun layanan tersebut tetap berjalan akan tetap menambah konsumsi daya baterai.
9. Matikan BlueTooth
Tentu saja 99% ponsel yang sudah ada di bumi ini sudah dilengkapi dengan menu BlueTooth. Bluetooth berguna untuk mentransfer file atau data pada perangkat lain. Kebanyakan orang lupa untuk menonaktfkan fitur ini. Matikan fitur ini jika anda tidak sedang menggunakanya, sebab jika anda biarkan hidup maka akan menghabiskan lebih daya baterai.

10. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai.
Download pada play store atau ditempat lain mengenai Aplikasi Penghemat Baterai. Cari saja dengan kata kunci “Battery Saver” atau yang bersinonim. Lalu download dan install aplikasi. Aplikasi ini akan berjalan secara backround, saya harapkan anda tidak menghentikan proses aplikasi ini.
11. Download Task Killer.
Task Killer adalah salah satu aplikasi android yang berfungsi untuk melihat secara umum atau rinci mengenai aplikasi yang sedang berjalan apda backround ataupun tidak.  Anda bisa menghentikan  proses aplikasi yang tidak diperlukan dengan aplikasi ini. Tentunya hilangkan checklist pada aplikasi antivirus, battery saver, dan aplikasi ini sendiri. Beberapa aplikasi secara otomatis akan menhentikan proses yang tidak perlu jika anda mengklik iconya tanpa perlu memilih mana yang harus dihentikan secara manual melalui aplikasi.

Mungkin baru segini yang dapat saya sarankan untuk anda bagi para pengguna Android yang merasa boros baterai.
Cukup sekian, terimakasih.

0 komentar:

Poskan Komentar