Objek Wisata Alam Kotawaringin Barat Yang Pantang Terlewat

TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING (TNTP)
Taman Nasional tanjung Puting (TNTP) adalah rumah bagi berbagai macam spesies hewan unik. Spesies yang paling terkenal yang membuat Taman Nasional ini tersohor adalah hewan yang tidak berbahaya yaitu Orang Utan (Pongo Pygmaeus). Taman ini juga terkenal dengan populasi monyet proboscis atau Bekantan (Nasalis Larvatus), seekor monyet besar yang diseluruh dunia hanya dapat ditemukan di Kalimatan. Primata lain yang ditemukan ditaman ini termasuk Agile Gibbon (Hylobates Agilis), monyet pemakan daun merah atau langur marun (Presbytis Rubicunda), langur silver (Presbytis Cristata), monyet pemakan kepiting atau makaw ekor panjang (Macaca Fascicularis), dan makaw ekor babi (Macaca Nemestriana).

 Pantai Kubu


Pantai Kubu Pantai kubu di tepi Teluk Kumai merupakan obyek wisata transito bagi wisatawan yang akan menunju ke Taman Nasional Tanjung Puting. Dipantai ini terdapat kehidupan binatang langka yaitu putri duyung dan pesut (lumba-lumba). Lokasi Obyek wisata pantai kubu merupakan aset pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.


 Pantai Tanjung Keluang



Tanjung KeluangPantai Tanjung Keluang seluas 200 Ha terletak di ujung Pantai Kubu, terbentuk dari hamparan pasir putih bersih dengan laut tenang, sangat cocok untuk berenang dan berjemur sambil menikmati pesona pantai yang khas. Pantai ini langsung menghadap ke Laut Jawa, dapat dicapai dengan perahu penyebrangan (kelotok wisata) dalam waktu 30 menit dari Pantai Kubu.
Pantai ini jauh dari keramaian sehingga wisatawan yang mendambakan ketenangan dan keheningan alam dapat menjumpainya di tempat ini. Obyek wisata Tanjung Keluang juga sepenuhnya menjadi milik Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat dan saat ini menanti investor pengembangan selanjutnya.


 Pantai Tanjung Penghujan

 Dipantai ini, saat senja menjelang pengunjung bisa menyaksikan sunset (matahari tenggelam) dan sunrise (matahari terbit). Perpaduan pemandangan alam setiap waktu sangat menakjubkan di pantai ini. Wisatawan dapat menikmati pemandangan setiap waktu pada saat matahari terbit dan matahari tenggelam. Hamparan Pantai Tanjung Keluang seluas 44,7 Ha salah satu alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai Bugamraya.

 Pantai Keraya




 Pantai KerayaObyek Wisata Pantai Keraya dan Air Terjun Patih Mambang lokasinya berhadapan dengan pantai wisata Tangjung Penghujan. Obyek wisata ini dapat di capai dalam waktu 15 menit perjalanan darat dari Pantai Tanjung Penghujan Wisatawan di obyek wisata Pantai Keraya dapat bersantai sambil menikmati lalu lalang kapal penumpang, perahu nelayan dan indahnya panorama alam.


GOSONG SENGGORA
(Gugusan Pulau Kecil) dengan hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang bening, aneka ragam ikan laut yang indah bagi wisatawan yang menggemari olah raga menyelam dan berselancar angin. Dapat dicapai dengan kelotok selama satu setengah jam atau dengan speedboat selama setengah jam dari Pantai Tanjung Penghujan.


MONUMEN PENERJUNAN






Dengan menggunakan transportasi sungai (kelotok) selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan menuju ke arah hulu sungai dari Pangkut, wisatawan akan sampai Desa Sambi. didesa ini wisatawan akan menjumpai Monumen Penerjunan Pasukan Payung Republik Indonesia yang pertama. Pada tanggal 17 Oktober 1945 tepat jam 07.00 pagi sebagain para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia di Indonesia di Jogyakarta pada waktu itu atas perintah KSAU Komodor Udara D. Suryadharma melakukan penerjunan di rimba belantara Kalimatan untuk melawan penjajah Belanda. Ternyata para penerjun mendarat di desa Sambi Kecamatan Arut Utara. Saat ini setiap tanggal 17 Oktober di peringati sebagai hari jadi PASKHAS TNI AU.

0 komentar:

Poskan Komentar