Kemunculan Fire Rainbow di Pangkalan Bun - Kalteng

Pada tanggal 20 april 2013 pada pukul 16.00 WIB terlihat sebuah awan yang berwarna pelangi / yang lebih dikenal Fire Rainbow, pada saat itu saya dan kakak saya berburu ke hutan di sekitar SMPN 6 Arsel Pangkalan Bun, namun ketika di dalam mobil pandangan beralih kepada awan pelangi / Fire Rainbow, sontak hal ini membuat kami yang melihatnya tercengang karena ini adalah fenomena langka, dan pada saat itu cuaca di Pangkalan Bun sangat panas. kejadian ini berlangsung selama 1 setengah jam, kejadian ini sudah yang ke 3 kalinya saya melihat Fire Rainbow yang terjadi di Pangkalan Bun dalam kurun waktu 3 tahun, dengan warna yang berbeda-beda.

Fenomena ini terbentuk akibat pembiasan cahaya yang melewati es kristal di dalam awan cirrus. Namun, ia membutuhkan kondisi tertentu untuk muncul. Matahari harus berada pada posisi tinggi, paling tidak 57-58 derajat di atas horizon dan harus ada awan cirrus yang mendukungnya, dan biasanya kemunculan fenomena ini dalam keadaan panas menyengat dari pagi hingga sore hari. 


Namun kejadiaan ini sangat menjadi hiburan tersendiri bagi siapapun yang melihat kejadiaan ini, mata seakan terpesona melihat warna yang bercampur baur menyerupai awan. Di kota-kota besar sering terjadi fenomena ini karena akibat dari tidak adanya hutan/taman kota yang menimbulkan panas nya daerah perkotaan.
Jadi berubahlah di hari bumi ini untuk menanam pohon agar bumi kita selamat dari bahaya-bahaya yang akan mengancam keselamatan iri kita semua, contohnya Fenomena Fire Rainbow yang terjadi akibat panasnya cuaca bumi, belum lagi kebakaran huta yang akan menambah parah panasnya bumi kita ini sehingga OZON kita berlubang yang mengakibatkan sinar Ultra Violet yang berasal dari matahari sampai ke kita dan menyebabkan kanker pada kulit.

Teruslah menanam pohon dan salam pencinta lingkungan, jika sobat-sobat ada pertanyaan / ada yang melihat fenomena Fire Rainbow juga silahkan koment di bawah ini ! :)
 
 
SUMBER: http://cincalu.blogspot.com/2013/04/kemunculan-fire-rainbow-di-pangkalan.html

0 komentar:

Poskan Komentar